Sidoarjo Delta Carnival, Mengusung Tema Cerita Rakyat Sidoarjo

by -131 views

Jejakkasus.info,– Sidoarjo Delta Carnival kembali digelar oleh pemkab Sidoarjo, sebagai kegiatan penutup dari rangkaian Hari Jadi Kabupaten Sidoarjo ke – 160,  pada hari ini, Minggu (24/3), di jalan A. Yani, perempatan Lampu merah depan Kantor Pemkab Sidoarjo.


Hadir dalam kegiatan,Gubernur AAL, yang diwakili oleh Kolonel Trisna, Ketua DPRD Kabupaten Sidoarjo, para Pimpinan Forkopimda Kabupaten Sidoarjo, Komandan Kesatuan TNI Polri,  Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur, Sekda Kabupaten Sidoarjo, serta seluruh Kepala OPD, Pimpinan akademisi dan Pimpinan instansi vertikal di Kabupaten Sidoarjo.

Wakil Bupati  Sidoarjo, H. Nur Ahmad Syaifuddin selaku Ketua Panitia melaporkan bahwa kegiatan Delta Carnival Kabupaten Sidoarjo untuk menyemarakkan peringatan Hari Jadi Kabupaten Sidoarjo ke-160 serta menumbuhkan kerjasama dalam rangka melestarikan dan menumbuhkembangkan seni dan budaya di Kabupaten Sidoarjo, guna memberikan wadah bagi para seniman untuk berkreasi.

Kegiatan Delta Carnival yang mengambil tema “Cerita Rakyat Sidoarjo”, juga sebagai sarana  promosi bagi lembaga atau perusahaan serta meningkatkan bidang pariwisata di Kabupaten Sidoarjo, untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan di Kabupaten Sidoarjo.

Rangkaian kegiatan Sidoarjo Carnival diantaranya stand UMKM yang diberi label “ Darjo Mbijen”,  yang telah dibuka sejak Tanggal 20 Maret 2019 yang terakhir pada hari ini di  Parkir Timur GOR Delta Sidoarjo.  Pasar Rakyat Darjo Mbjijen ini menjual makanan mbijen dan kekinian, serta hiburan  komunitas – komunitas Pesta rakyat.

Masih menurut Cak Nur, rute dari Sidoarjo Carnival,  start dari Jl. A. Yani Alun – alun Sidoarjo, menuju ke jalan. Thamrin, lanjut ke jalan Pahlawan dan Finish di Parkir Timur GOR Delta Sidoarjo. Untuk peserta Sidoarjo Delta Carnival, dari unsur OPD, instansi vertikal, Sekolah, perusahaan dan Organisasi, dengan total keseluruhannya sebanyak 22 peserta
“Parkir timur GOR Delta telah dilaksanakan juga Pesta Rakyat yang telah dimulai sejak jam 08.00, serta disediakan 5.000 porsi makanan khas Sidoarjo gratis untuk masyarakat dan peserta Sidoarjo Delta Carnival,” jelas Cak Nur.

Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah, pada kesempatan ini mengucapkan terima kasih kepada Direktur Poltek Perikanan dan Kelautan Kabupaten Sidoarjo yang telah hadir bersama Korp drumbandnya “ Gita Pati Bahari”  untuk turut memeriahkan Sidoarjo Delta Carnival.

“Saya berharap kegiatan Sidoarjo Delta Carnival ini dapat meningkatkan kerjasama antar masyarakat, mempererat rasa persaudaraan dengan semangat kebersamaan dalam berapresiasi, sehingga dapat menjadi ajang promosi lembaga, pariwisata dan budaya,” jelas Abah Ipul.

Peserta Sidoarjo Delta Carnival diberangkatkan oleh Bupati Sidoarjo, yang sebelum pemberangkatan para tamu undangan dihibur dengan tari remo dan banjar kemuning. Tampilan perdana dari Pagar Nusa yang mampu memukau para tamu undangan dan penonton dengan atraksi yang sangat ekstrem, diantaranya memanjat tangga dengan anak tanggal belati tajam untuk mengibarkan atribut Pagar Nusa, dan meledakan mercon dengan ukuran besar diatas kepala.
Untuk tampilan parade pertama dari drumband  “Genderang Bahari” SMA Hang Tuah 5 Candi.

Tampilan Drumband Genderang Bahari ini, diikuti oleh peserta carnaval lainnya, dan sebagai penutup dari Drumband Poltek Perikanan dan Kelautan “Gita Pati Bahari”.(en/kominfo).sult

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *