Siswa MTsN 13 Jombang Juara 3 Robotik Internasional di Malaysia

Jombang l Jejakkasus.info – Dua siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 13, Desa Sembung, Kecamatan Perak, Kabupaten Jombang, Jawa Timur yakni, Muhammad Zaki Irawan dan Ahmad Irfanda Sasmito berhasil menjadi Juara 3 lomba robotik kategori pelajar MTs secara internasional yang berlangsung di Universitas Teknologi (Unteg) Malaysia.

Kejuaraan yang berlangsung pada 29 Nopember sampai 3 Desember 2022 lalu itu diikuti 15 negara, diselenggarakan oleh International Robotic Trainning and Competition (IRTC), dalam ajang 11th Word Robotic for Peace 2022 menggelar beberapa klasifikasi lomba robot, diantaranya, jenis robot Analog, Sumo, Socker, Mikro.

Kedatangan dua siswa ini disambut cukup meriah oleh civitas MTs N 13 dengan meriah, diiringi sholawat dan musik terbangan, pada Senin (5/12/2022) pagi. Dua siswa yang berprestasi datang dikawal mobil kepolisian Polsek Perak. Siswa-siswi didampingi para guru berjajar disepanjang jalan Sembung menyambut dan mengarahkan memasuki lingkungan sekolah dilanjutkan sujud syukur di Mushola sekolah.

Kepala MTsN 13 H Moch. Syuaib, S.Ag., M.Pd.I kepada awak media mengaku bangga dan mengapresiasi atas kinerja yang ditunjukkan oleh siswa dan guru pembimbing. Mengingat hanya dalam waktu satu bulan, hasil kerja tim sudah mampu mengukir prestasi di level internasional.

“Baru kali ini MTs N 13 mengikuti lomba level internasional, dan alhamdulillah dalam lomba robotik internasional di Johor Baru Malaysia, di Universitas Teknologi Malaysia, siswa kami mampu menjadi Juara 3,” ucap Syuaib mantan Kasek MTs N 4 Tambakberas yang pindah di MTs N 13 pada Hari Santri, 20 Oktober lalu.

Syuaib menyebut, sesungguhnya banyak rekam prestasi kinerja guru dan siswa yang dimiliki MTSN 13 Jombang, namun baru tahun 2022 ini mengikuti kejuaraan level internasional.

Kedepan, Ia akan memberikan kesempatan siswa dan guru untuk lebih berprestasi dalam segala bidang, prestasi ini membawa harkat dan martabat, madarasah mandiri. MTsN 13 terus butuh perjuangan agar bisa mendapat perhatian dan bantuan dari Kementrian untuk perkembangan MTsN 13 lebih baik dan lebih maju, katanya.

“menindaklanjuti prestasi ini, sudah kita agendakan, akhir Desember atau awal Januari 2023 akan kita persiapkan siswa untuk mengikuti show dan berbagai lomba robotik, baik nasional maupun internasional,” imbuhnya.

Dua siswa berangkat ke Malaysia didamping Yayuk Winarni, M.Pd guru IPA yang membimbing siswa dilingkup sekolah. Menurut Yayuk, dua siswa yang disertakan memiliki bakat, memainkan robot, mampu menservis dikala ada kerusakan robot yang digunakan, selain memiliki strategi pemenenangan. “Ini menjadi salah satu kekuatan modal kotingen MTsN 13 Jombang,” ujar Yayuk.

Kejuaraan diikuti para siswa dari berbagai negara di Asean. Persaingan sangat ketat dalam pertandingan, terutama yang bis akita kalahkan kemarin tim dari negara India. “Alhamdulillah, kemampuan kontingen Indonesia mampu mengungguli kemampuan peserta dari negara lain,” ungkap.

Diinformasikan oleh Yayuk, hasil lomba robotic jenis sumo Juara I diraih MTsN dari Provinsi Makasar, Juara II MTsN dari Kabupaten Kediri, Juara III siswa MTsN 13 Jombang. Suatu kebanggaan bagi kami,” kata Yayuk guru pembina ekstrakurikuler robotic.

Dijelaskan Yayuk, robot sumo yang dipergunakan terdiri dari berbagai kelas. Siswa MTsN 13 menggunakan robot dengan bobot 500 kg, padahal sebelumnya kita siap dengan bobot 1 kg. “Alhamdulillah, siswa kita dimiliki skill programer, disamping robot dikendalilakan menggunakan perangkat jaringan wifi,” terangnya.

Penilaian yang diambil oleh juri, robot harus bisa dioperasionalkan secara sempurna, misalnya robot harus mampu memindahkan benda ke tempat lain baik itu medan tanjakan atau datar. Bahkan saat diserang lawan tanding juga harus mampu menghadang dan memenangkan pertarungan, tambah Yayuk.

“Alhamdulillah dua siswa ini telaten mengotak-atik dan mempunyai bakat, selain itu anak ini juga bisa servis ketika ada kabel yang putus atau rusak, baik itu dengan soder atau menyambung,” tukas Yayuk riang gembira.

Zaki dan Irfanda, saat menjawab pertanyaan awak media merasa bangga mendapat kesempatan mengikuti lomba. Kedua siswa berharap, terus mendapat kesempatan dan dukungan agar lebih berkembang, melanjutkan pendidikan kejenjang lebih tingga dan mendapat beasiswa dari pemerintah.

“Kami berharap, teman-teman dan adik-adik yang memiliki potensi untuk bisa mengembangkan kemampuan diri, dalam segala bidang, terutama dalam teknologi robotic. Semoga Bapak Kepala Sekolah terus memberikan kesempatan melalui pembelajaran dan lomba di berbagai ajang,” harap Muhammad Zaki Irawan.
(Aan jk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *