Sosialisasi Gempur Rokok Ilegal Satuan Pamong Praja Kabupaten Jombang bersama Bea Cukai Kediri

Jejakkasus.info l Jombang – Salah satu upaya preventif yang gencar dilakukan Bea Cukai untuk menekan peredaran rokok ilegal adalah lewat kegiatan sosialisasi. Dari kegiatan Campursari dan Sosialisasi Gempur Rokok ilegal, kini semakin banyak pihak-pihak yang memahami ketentuan dan larangan di bidang cukai.

Bea Cukai Kediri bersama dengan Satuan Pamong Praja kabupaten jombang mengajak Masyarakat untuk lebih mengenal cukai. Sosialisasi gempur rokok ilegal dengan cara besutan disampaikan Rudi suprianto perwakilan bea cukai. Acara di tempatkan di halaman UPT Terminal Ngoro Kabupaten Jombang, Rabu malam (5/10/22).

Kepala Satpol-pp kabupaten Jombang Tomson Pranggono menyampaikan kegiatan
Sosialisasi gempur rokok ilegal dengan dikemas hiburan pertunjukan rakyat berupa campursari, kegiatan ini sesuai Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia 215 tentang penggunaan, pemantauan monitoring dan evaluasi dana bagi hasil cukai.

“Maksud dan tujuan mensosialisasikan dan menginformasikan kepada masyarakat terhadap kesehatan dan ikut serta memberantas rokok ilegal”, tutur kepala Satpol pp.

Lanjut, Dana anggaran kegiatan ini dari dana bagi hasil cukai hasil tembakau DBHCHT tahun 2022.

Rudi suprianto perwakilan bea cukai memberi pemaparan dengan cara Besutan mengatakan Cukai Hasil Tembakau merupakan pungutan yang dikenakan atas barang kena cukai berupa hasil tembakau yang meliputi sigaret, cerutu, rokok daun, tembakau iris dan hasil pengolahan tembakau lainnya.

“Terkait UU No. 39 Th 2007 dan perubahan UU No 11 Th 1995 tentang Cukai, rokok ilegal meliputi ,Tidak dilengkapi pita cukai, Memakai pita palsu/cetak kertas palsu Memakai pita pabrik lain, Merk tdk resmi/tdk terdaftar di Bea Cukai, dan Buatan pabrik tanpa izin”, tuturnya.

Sedangkan, sanksi pengedar rokok ilegal bisa di jerat dengan Pasal Pasal 54 menerangkan setiap org yg memperjualbelikan rokok tanpa bandrol(pita cukai), di pidana penjara minimal 1 tahun maks 5 tahun dan denda minimal 2 kali nilai cukai, maks 10 kali nilai cukai.

Penjual Rokok ilegal juga kena Pidana dengan Pasal 58 yaitu Setiap orang yang menjual, membeli , menggunakan pita cukai kepada yang bukan haknya, di pidana penjara minimal 1 th maks 5 th dan denda minimal 2 kali nilai cukai, terang Rudi perwakilan Bea Cukai Kediri.
(Aan jk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *