Spektakuler Kabupaten Jombang melalui Dikbud Jombang Pecahkan Rekor Muri 15 Ribu Porsi Sego Kikil

Jombang l Jejakkasus.info – Torehan bagus disajikan oleh pemerintah kabupaten jombang,kali ini pecahkan rekor muri makan Sego kikil gratis, sebanyak 15 ribu porsi disuguhkan,di alun-alun Jombang, antusias warga masyarakat untuk menikmatinya,ini agenda luar biasa di masa penghujung berakhirnya masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Jombang, gelar dilaksanakan pada Sabtu 23/09/2023.

Sebuah acara yang tak terlupaka sebanyak 15 ribu porsi sego kikil atau nasi kikil disajikan secara cuma-cuma kepada masyarakat di alun-alun Jombang.

Namun, tidak hanya sego kikil yang menjadi bintang acara, gunungan berisi 4000 ekor ikan lele yang sudah digoreng dan dikemas dalam plastik menjadi pemandangan yang luar biasa. Ribuan pengunjung berduyun-duyun untuk berusaha meraih sebagian dari ikan lele tersebut. Gunungan ikan lele ini memiliki tinggi mencapai 4,2 meter dan diameter sekitar 8,5 meter.

Dalam momen besar ini, Kabupaten Jombang berhasil meraih penghargaan rekor MURI yang diserahkan secara langsung kepada Bupati Jombang, Mundjidah Wahab. Selain Bupati, Wakil Bupati Sumrambah serta sejumlah pejabat lainnya juga turut hadir dalam acara tersebut.

Sebelum penyerahan penghargaan MURI, KH Ahmad Muwafiq atau yang akrab disapa Gus Mufawiq memberikan tausiyah terkait keberkahan dalam mengkonsumsi makanan bergizi seperti sego kikil dan ikan lele.

Keberhasilan penyelenggaraan acara ini tidak terlepas dari kolaborasi banyak pihak, termasuk petani, warga desa, pengusaha, ibu rumah tangga, dan berbagai pihak lainnya yang turut andil dalam kesuksesan ini.

Gus Muwafiq menjelaskan, “Makanya doa saat makan itu adalah permohonan akan keberkahan kepada kami. Bukan kepada saya pribadi, karena memang melibatkan banyak pihak.”

Sri Widayati, perwakilan dari MURI, mengumumkan dan mengesahkan dua rekor sekaligus dalam acara ini. Pertama, rekor sajian sego kikil terbanyak, yakni mencapai 15.000 porsi. Kedua, tumpeng ikan terbesar dengan tinggi mencapai 4,2 meter dan keliling 8,5 meter dengan isi kurang lebih 4.000 ekor ikan lele.

“Kedua rekor ini resmi tercatat di Museum Rekor Dunia Indonesia sebagai rekor nomor 11.244 dan 11.245. Kami berharap acara ini membawa berkah bagi masyarakat, semakin mempopulerkan kuliner kikil, serta meningkatkan pemenuhan gizi dan protein bagi masyarakat,”tandasnya

Hj.Mundjidah Wahab menjelaskan bahwa acara tersebut sengaja diadakan untuk mempromosikan kekayaan kuliner di Kota Santri dan merupakan rekor MURI yang ketujuh bagi Kabupaten Jombang. Jombang juga menetapkan kawasan Mojosongo Kecamatan Diwek sebagai sentra sego kikil di kabupaten tersebut, yang menjadi bagian dari identitas kuliner khas Jombang. Terangnya

(Aan jk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *