Status GTT Maklum Sitanggang di SMKN 1 Botomuzoi Di Duga Tidak Jelas

oleh -102 Dilihat

Jejakkasus.info l Nias -,Hal tersebut diungkapkan oleh Peter Sanjaya Korwil LSM Pijar Kejadilan dan Demokrasi Kepulauan Nias kepada awak media di Murai Coffee, Desa Fodo (30/07/2022) sembari menenggak Lemon Tea Panas dihadapannya. “Kita mendapatkan informasi dari warga bahwa terdapat seorang GTT di SMKN 1 Botomuzoi hanya tamatan SMA alias belum lulus Sarjana”, ujar Peter Sanjaya.

Hal tersebut didasarkan atas adanya informasi dan keterangan dari masyarakat bahwasanya Guru GTT atas nama Maklum Sitanggang hanya tamatan SMA dan bukan Sarjana. Usut punya usut ternyata Kepala Sekolah SMKN 1 Botomuzoi mengangkat GTT bernama Maklum Sitanggang tersebut untuk mengabdi di SMKN 1 Botomuzoi mengampu diklat khusus jurusan pertanian.
“Atau barangkali si Kasek pura-pura ndak tau dan mengetahui persis jika Maklum Sitanggang ini tidak berijazah S1 (Sarjana) namun tetap keukeh merestui”, celoteh ringan Peter Sanjaya sembari merapihkan ekor rambutnya yang kelihatan memanjang.

Dijelaskan Peter Sanjaya secara gamblang bahwasanya status kemahasiswaan/ kesarjanaan seseorang alumni dapat dicek melalui Pangkalan Data Pendidikan Tinggi via laman https://pddikti.kemdikbud.go.id/ ataupun https://forlap.kemdikbud.go.id/mahasiswa. Data GTT Maklum Sitanggang ini ditemukan pada portal tersebut namun dengan status “Belum Lulus” yang artinya yang bersangkutan sedang menempuh perkuliahan dan/ atau sudah dikeluarkan dari Perguruan Tinggi. Result search engine pddikti menunjukkan bahwa nama “Maklum Sitanggang” terdapat 2 hasil pencarian yakni :

1. Maklum Sitanggang (Laki-laki); PT Universitas Terbuka; Prodi Agribisnis; Jenjang S1; NIM 040050788; Semester Awal : Genap 2018; Status saat ini : BELUM LULUS.
2. Maklum Sitanggang (Laki-laki); PT Universitas Graha Nusantara; Prodi Agribisnis; Jenjang S1; NIM 202014033; Semester Awal : Ganjil 2020; Status saat ini : BELUM LULUS.

Dari 2 hasil pencarian diatas, diduga kuat bahwa status GTT Maklum Sitanggang saat ini sedang dalam tahap studi. Guru GTT atas nama Maklum Sitanggang saat ini menggunakan gelar akademik Ahli Madya (A.Md) dan menjabat sebagai Kaprodi ATPH di SMKN 1 Botomuzoi. Dalam jabatannya tersebut, Maklum Sitanggang juga mengampu mata diklat sebanyak 4 yakni : Dasar-dasar budidaya tanaman, Pembibitan dan kultur jaringan, Agribisnis tanaman sayuran, serta Agribisnis Tanaman Buah.

Peter Sanjaya kembali memaparkan bahwa Pangkalan Data Pendidikan Tinggi merupakan Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 52 ayat (2 dan 3) Undang-undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.

Ditambahkannya lagi, apabila terdapat penggunaan ijazah dan/ atau gelar akademik palsu maka akan terancam pidana sebagaimana mengacu pada Pasal 69 ayat (1) Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang berbunyi : “Setiap orang yang menggunakan ijazah, sertifikat kompetensi, gelar akademik, profesi, dan/ atau vokasi yang terbukti palsu dipidana dengan pidana penjara paling lama lima tahun dan/ atau pidana denda paling banyak Rp 500.000.000,00 (lima ratus juta rupiah).”

Terkait GTT Maklum Sitanggang, Peter Sanjaya menjelaskan bahwa guru tersebut merupakan Sarjana Muda dengan gelar akademik A.Md lulusan angkatan pertama Akademi Pertanian Gunungsitoli yang saat ini bahkan sedang dan tengah menyelesaikan gelar kesarjanaannya di Universitas Graha Nusantara dan sedang tahap menyelesaikan studi akhirnya. “Iya betul Pak, saya transfer dari D3 ke S1 pada tahun 2020 yang lalu dan saat ini saya sedang penyelesaian tugas akhir, jika Tuhan berkehendak maka bulan Oktober mendatang ini saya akan diwisuda”, ujar Maklum Sitanggang dengan bangga.
“Kita bersyukur dan bangga dengan Pak Maklum Sitanggang ini, diusianya yang paruh baya masih sempatnya menyelesaikan studi S1nya Jurusan Agribisnis di Universitas Graha Nusantara dan mengabdi di SMKN 1 Botomuzoi, kiranya ilmu yang dibagikan kelak bermanfaat bagi siswa/i nya dimasa mendatang”, ucap Peter Sanjaya mengakhiri tanggapannya.(TZ,)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.