Strategi marketing mudah pada zaman sekarang

by -813 views

Oleh : Fanda venti noor listya , universitas: muhammadiyah malang , jurusan: manajemen.
Jejakkasus.info | Biasanya di zaman sekarang ini banyak masyarakat yang menggunakan alat teknologi untuk melakukan jual beli,bisa juga disebut dengan online shop. Ini bisa membuat waktu kita efisien karena kita tidak perlu lagi keluar rumah untuk membeli sesuatu dan dengan adanya online shop ini kita juga bisa memilih apapun yang kita ingin kan dengan santai tidak seperti offline shop yang biasanya harus berdesak-desakkan dengan pelanggan lainnya belum lagi kalau antri panjang kita bisa lelah menunggunya. Nah, dengan ada nya teknologi sekarang kita tidak perlu repot-repot seperti itu lagi. Berikut akan menjelaskan tentang strategi marketing saat ini.
Strategi pemasaran adalah logika pemasaran, dan berdasarkan itu, unit bisnis diharapkan untuk mencapai sasaran-sasaran pemasarannya. Strategi pemasaran terdiri dari pengambilan keputusan tentang biaya pemasaran dari perusahaan, bauran pemasaran, dan alokasi pemasaran. Strategi pemasaran dapat dinyatakan sebagai dasar tindakan yang mengarah pada kegiatan atau usaha pemasaran, dari suatu perusahaan, dalam kondisi persaingan dan lingkungan yang selalu berubah agar dapat mencapai tujuan yang diharapkan.
Strategi pemasaran adalah alat fundamental yang direncanakan untuk mencapai perusahaan dengan mengembangkan keunggulan bersaing yang berkesinambungan melalui pasar yang dimasuki dan program pemasaran yang digunakan untuk melayani pasar sasaran tersebut.
posisi perusahaan dalam bersaing di dunia industri sebagai berikut.
1. Dominan. Perusahaan mampu mengendalikan pesaing-pesaing yang lain serta memiliki banyak pilihan dalam menentukan strategi.
2. Kuat. Perusahaan mampu bertindak bebas tanpa membahayakan posisi jangka panjangnya walaupun pesaing-pesaing berbuat apa saja yang dikehendaki.
3. Baik. Perusahaan mempunyai kekuatan dalam strategi tertentu serta mempunyai peluang di atas rata-rata untuk meningkatkan posisinya.
4. Sedang. Prestasi perusahaan cukup memuaskan untuk kelangsungan usahanya, namun sering kalah dari perusahaan yang dominan dan peluang yang dimiliki untuk meningkatkan posisinya cenderung rendah.
5. Lemah. Perusahaan tampil tidak memuaskan tetapi memiliki peluang untuk perbaikan. Jika tidak ingin keluar dari industri solusinya harus mengubah diri berinovasi.
6. Tidak ada harapan. Perusahaan berprestasi dengan sangat tidak memuaskan serta tidak memiliki peluang perbaikan.
Beberapa perbedaan/persamaan strategi pemasaran pada zaman dulu atau tradisional,misal:
1. Membagi brosur kepada siapapun di manapun
2. Menganggap konsumen itu sama atau rata-rata sama
3. Bergantung pada iklan, sehingga biaya iklan sangat tinggi
4. Berusaha memuaskan pelanggan
Beberapa perbedaan/persamaan strategi pemasaran pada zaman sekarang atau modern,diantaranya:
1. Mempromosikan produk-produk mereka di media online
2. Tidak bergantung pada promosi yang ada
3. Berusaha membuat pelanggan setia
Kelebihan strategi pemasaran pada zaman sekarang,yaitu:
1. Sindikasi informasi
2. Efek positif jaringan
3. Kemampuan Mengkastemisasi tawaran secara personal
4. Distermediasi dan restrukturisasi saluran distribusi
5. Jangkauan global dan 24 jam
Kekurangan strategi pemasaran melalui internet,belum menguntungkan karena konsumen merasa lebih nyaman membeli produknya langsung,karena melalui internet takut adanya penipuan.
Contoh strategi pemasaran sekarang,yaitu:
Matahari yang menjual berbagai macam kebutuhan,matahari dulu menjual produknya lewat mall,sekarang matahari memasarkan atau menjual produknya melalui situs mataharimall.com dan bisa mengunduh aplikasinya untuk melakukan pemesanan,lalu mataharimall.com mengiklankannya melalui: 1. Internet, 2. Televisi, 3. Media cetak, 4. Dan lain-lain yang terkait, agar masyarakat atau konsumen tahu bahwa sekarang konsumen bisa melakukan pembelian melalui situs mataharimall.com dan membayar pemesanan lewat rekening yang disediakan.
Faktor-faktor yang menyebabkan produsen menggunakan perantara,yaitu:
1. Produsen tidak memiliki sumber daya yang memadai,seperti: dana,orang,peralatan,dan keahlian untuk menyalurkan sendiri produknya.
2. Adanya kesenjangan keragaman pilihan,maksudnya yaitu: apabila konsumen menginginkan pilihan lengkap,sedangkan produsen memiliki produk terbatas. Untuk mengatasi kesenjangan itu dibutuhkan perantara yang mengumpulkan produk dari berbagai perantara, lalu menawarkannya kepada konsumen.
3. Terdapat diskrepansi kiantitas antara produsen dan konsumen. Biasanya perusahaan tertentu hanya melayani pembelian dalam jumlah besar. Dengan adanya perantara,konsumen dapat membeli dalam satuan kecil.
4. Pendistribusian melalui perantara seringkali lebih efisien,dikarenakan perantara memiliki: keahlian,pengalaman,skala operasi yang lebih ekonomis.
5. Jumlah kontak yang dilakukan produsen dengan kontak pasar menjadi lebih efisien.
Di era lama atau zaman dulu selalu mentargetkan kepuasan pelanggan dan saat ini mentargetkan kesetiaan pelanggan,tipsnya: fokuslah pada aturan-aturan dan kebutuhan spesifik masing-masing segmen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *