Tanpa Papan Merek Diduga Proyek Siluman, Pembangunan Drainase di Jalan Turendra menuju Kantor Camat Gunungsitoli Idanoi

oleh -123 views

Jejak Kasus.Info || Gunungsitoli, Sumatera Utara.

Pekerjaan proyek pembangunan saluran drainase di Dusun III (tiga) Desa Dahana, Kecamatan Gunungsitoli Idanoi, Kota Gunungsitoli, Provinsi Sumatera Utara (Sumut) mulai disoroti oleh warga setempat.

Pasalnya, Pekerjaan proyek yang sudah berjalan hampir dua minggu tersebut tanpa papan nama proyek.

Hal itu kemudian mendapat sorotan dari warga setempat bahwa proyek yang di bangun pemerintah Kota Gunungsitoli dinilai proyek siluman, sebab sama sekali tidak terpasang papan nama informasi proyeknya saat melaksanakan kegiatan pekerjaan.

“Proyek yang dikerjakan tanpa menggunakan papan nama itu indikasinya sebagai trik untuk membohongi masyarakat agar tidak termonitoring besar anggaran dan sumber anggaran,” tegas salah satu warga pada awak media ini, Sabtu (10/04/21) .

Dia sangat menyayangkan seperti pengawas lapangan memonitoring dan menegur rekanan/pemborong atau kontraktor agar memasang papan informasi proyek saat di mulai pekerjaan. Dia mengharapkan agar semua memberi perhatian penuh pada setiap Proyek Permerintah terutama dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Gunungsitoli.

Menurutnya, sesuai amanah Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Nomor 14 Tahun 2008 dan Perpres Nomor 54 Tahun 2010 dan Nomor 70 Tahun 2012, dimana mengatur setiap pekerjaan bangunan fisik yang dibiayai negara wajib memasang papan nama proyek, dimana memuat jenis kegiatan, lokasi proyek, nomor kontrak, waktu pelaksanaan proyek dan nilai kontrak serta jangka waktu atau lama pekerjaan.

“Pemasangan papan nama proyek merupakan implementasi azas transparansi, sehingga masyarakat dapat ikut serta dalam proses pengawasan,” ungkap warga yang mengetahui betul tentang proyek itu.

Menurut Ama Charles seorang Kepercayaan Rekanan di lokasi pada bangunan drainase mengatakan bahwa Papan Merek masih belum selesai, saat selesai pun nanti bisa dipasang. Seperti diketahui bahwa Proyek Pembangunan Drainase di Jalan Turendra menuju Kantor Camat Gunungsitoli Idanoi Kota Gunungsitoli ini dilaksanakan oleh CV. MITRA SAMAERI.

Hingga berita ini diturunkan belum juga ada papan nama proyek terpasang. (Bahar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *