Upacara Pujawali Berlangsung Trepti Di Pura Luhur Tanah Lot .

Tabanan | Jejakkasus.info – Pura Luhur Tanah Lot berlokasi di Tengah Laut, di wilayah Desa Adat Beraban, Kecamatan Kediri Kabupaten Tabanan. Sebagaimana diberitakan sebelumnya bahwa upacara puncak Pujawali di Pura Luhur Tanah Lot berlangsung pada hari Rabu Wage, Wuku langkir tanggal 13 Maret 2024. Pelaksanaan pujawali berlangsung pada pagi hari hingga siang, selanjutnya dilanjutkan dengan persembahyangan dari para Pemedek yang datang dari berbagai pelosok Kabupaten Tabanan , bahkan dari luar Kabupaten Tabanan maupun Luar Bali ada yang datang bersembahyang.

Seperti disampaikan oleh Ketua Pengempon Pura Luhur Tanah Lot I Komang Dedy Sanjaya, S.E., bahwa upacara pujawali jelih kali ini dipuput oleh Ida Pedanda / sulinggih didampingi sapuh agung Pura Luhur Tanah Lot, Ida Cokorda Anglurah Puri Singasana Tabanan selaku upasaksi ,
pengelingsir Puri Kediri dan Keluarga yang sebagai penganceng di Pura Luhur Tanah Lot. Pelaksanaan upacara juga melibatkan semua pengempon Pura Luhur Tanah Lot , para pemangku Pura Luhur Tanah Lot dan para pemangku se Desa Adat Beraban”. Kata Komang Dedy Sanjaya.

I Komang Dedy Sanjaya Juga menyampaikan bahwa
Sebagai langkah antisipasi dalam pelaksanaan upacara pujawali dan berdasarkan kordinasi dengan DTW Tanah Lot dan pihak sat Pol Airud Pos Tanah Lot, Puskemas, serta seluruh stakeholder yang ada di kawasan DTW Tanah Lot. Dalam rangkaian upacara pujawali ini pengamanannya dilakukan oleh pihak Kepolisian dalam hal ini Polsubsektor Tanah Lot, Polsek Kediri – Polres Tabanan, Pecalang Pura Luhur Tanah Lot, Pecalang Desa Adat Beraban, Scurity Internal DTW Tanah Lot, dan dinas perhubungan Pos Tanah Lot. Disiagakan pula Fasilitas kesehatan dari Puskesmas 3 Desa Beraban dan 2 kendaraan ambulance Astungkara pujawali memargi trepti tur antar,”Ucap Dedi Sanjaya dengan bahasa Bali halus yang artinya bersyukur pelaksanaan upacara pujawali berlangsung dengan tertib dan lancar”. Ujar Komang Dedy Sanjaya.

I Komang Dedy Sanjaya atas nama pengempon Pura Luhur Tanah Lot
juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Sat Pol Airud Polres Tabanan, Life guards DTW Tanah Lot, yang telah membantu menyeberangkan Ida Pedanda, Pemangku, pengempon dan para Sutri saat air laut sedang pasang. Demikian pula seluruh stakeholder terkait yang ada di Kawasan DTW Tanah Lot, sehingga upacara pujawali berlangsung dengan aman dan lancar. “Himbauan kepada para Pemedek untuk mematuhi ketentuan yang berlaku saat upacara berlangsung, karena adanya perubahan cuaca dengan hembusan angin kencang dan bisa menimbulkan gelombang laut yang agak besar. “Hati hati jangan ada yang berphoto Selfi didekat ombak,”Tutup Komang Dedy Sanjaya.

Berdasarkan pemantauan di lokasi warga Pemedek yang datang bersembahyang sangat padat, bahkan tampak pada sore hari menjelang petang semakin ramai warga berdatangan untuk sembahyang di Pura Luhur Tanah Lot.

Red.(Amin bali)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *