Wagub Jabar, Buka Pagelaran Gotra di Sumedang

by -792 views

 

Jejakkasus.info | Provinsi Jabar – Kabupaten Sumedang – Pemerintah Kabupaten Sumedang dalam rangka mensukseskan visi Sumedang Simpati, melaksanakan kegiatan Sumedang Puser Budaya Sunda (SPBS) yang dilaksanakan di pasar sandang Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat (Jabar), Minggu (27/1/2019).

Kegiatan SPBS melalui pagelaran seni Gabungan Olahan Seni Tradisi (Gotra). Yang di dukung oleh beberapa sanggar seni yang menampilkan berbagai macam jenis kegiatan seni tradisional.

Gotra sendiri merupakan pertunjukan karya seni yang disajikan dalam satu kesatuan Gotra yang didalamnya merupakan rangkaian dari beberapa seni /karya antara antara lain tarawangsa, lagu – lagu sunda wanda anyar, angklung kreasi, calung kreasi dan seni tradisional lainnya.

Acara SPBS yang di hadiri oleh Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir, Wakil Bupati Sumedang H Erwan Setiawan unsur porkopinda, forkopimka, kepala SKPD, Camat, BUMN/BUMD, serta turut di hadiri pula secara langsung oleh Wakil Gubernur (Wagub) Jabar H.UU Ruhjanul Ulum.

Acara SPBS dengan mengusung tema “Melalui Pagelaran Seni Gotra, Kita Sukseskan Visi Sumedang Simpati dan Kita Wujudkan Sumedang Puser Budaya Sunda” dan di buka oleh Wagub Jabar yang di tandai dengan pemukulan gong sebanyak tiga kali.

Bupati Dony Ahmad Munir dalam sambutannya menyampaikan, atas nama kepala daerah apresiasi dan penghargaan yg setinggi – tingginya kepada pihak penyelanggara Gotra yang telah berinisiatip untuk memprakarsai kegiatan tersebut, dalam rangka menggali Seni budaya di Kabupaten Sumedang untuk mewujudkan Sumedang sebagai puseur budaya sunda.

“Serta ucapan terimakasih kepada pihak-pihak yang senantiasa memelihara dan mengembangkan tradisi dan budaya daerah sebagai salah satu potensi yang di miliki serta aset penyelengara pembangunan demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya.

Di katakan Dony makna dari kegiatan tersebut selain untuk lebih mengembangkan seni budaya juga untuk menumbuhkan daya rangsang dan memacu para generasi muda dan masyarakat pada umumnya untuk memiliki sikap mandiri terutama untuk menyadari potensi lingkungan masyarakat yang ada.

“Sehingga kewajiban kita sebagai para penerus bisa menjaga, melestarikan, dan mengembangkan seni budaya yang ada di Sumedang.
Mudah – Mudahan dengan acara ini seni budaya semakin berkembang. Saya juga berharap ada even – even rutin yang mewadahi seni budaya sunda di Sumedang. Insya Allah even seperti ini akan di laksanakan setiap bulan di Kabupaten Sumedang,” ujarnya.

“Ini juga merupakan salah satu ikhtiar dari pemerintah supaya pasar sandang bisa maju. Salah satu maghnetnya banyak pertunjukan di tempat ini dengan seni dan budaya serta parawisata yang maju, Insya Allah akan menggerakan roda ekonomi Kabupaten Sumedang yang bermuara pada lapangan pekerjaan dan sejahteranya masyarakat Kabupaten Sumedang,” ucap Bupati.

Dalam sambutannya Wagub UU menyampaikan kegiatan yang di laksanakan pada hari ni merupakan salah satu tanggung jawab pemerintah dalam meningkatkan perekonomian daerahnya serta neningkatkan derajat kesehatan dan pendidikan masyarakat.

“Untuk meningkatkan daya belli tentunya di dalamnya adanya faktor ekonomi dan sehebat apapun program pemerintah kalau tidak menunjukan geliat ekonomi ini tidak akan berarti, yang artinya ekonomi yang meningkat menjadi salah satu keinginan masyarakat demi rerwujudnya masyarakat sejahtera,” pungkasnya.

Dalam acara tersebut di meriahkan dengan pengundian dan pembagian door prez dengan hadiah utama satu unit sepeda gunung.

Laporan: Rizal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *