Wagub Jabar Kunjungi Daya Tarik Wisata Baru di Desa Jatimulya

by -295 views

Jejakkasus.info| Kuningan – Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar) H. Uu Ruzhanul Ulum, S.E. mengunjungi daya tarik wisata baru yang dinamai “Wisata Ayunan Pelangi” di Desa Jatimulya, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Kuningan, Provinsi Jabar,  Sabtu (15/8/2020). Kunjungan ini, dilakukan, sekaligus dalam rangka pembukaan pemanfaatan daya tarik wisata baru, di wilayah timur kabupaten berjuluk ‘Kota Kuda’.

Pantauan Jejakkasus.info di lokasi,  kedatangan Wagub Jabar, sekira pukul 10.30 WIB diterima langsung Kepala Desa (Kades) Jatimulya Ahmad Jayadi beserta seluruh jajaran perangkat, lembaga desa serta tokoh masyarakat setempat.

Turut dalam penyambutan, Camat Cidahu, Rusmiadi, AP.,M.Si., didampingi para pegawainya. Selain itu hadir Kapolsek setempat, AKP Saepudin beserta beberapa personil anggotanya. Tidak ketinggalan sejumlah Kades wilayah Kecamatan Cidahu, terlihat berada dalam acara itu memberikan dukungan. Tampak juga ratusan warga berdesakan, berbaur dengan pengunjung wisata baru, berupa ayunan di bawah rindangnya pepohonan jati

Dalam sambutannya, Wagub Jabar menyampaikan, apresiasi terhadap Kades Jatimulya, yang sudah memiliki dan mewujudkan sebuah terobosan baru, merintis berdirinya sebuah tempat wisata. Menurutnya,  keberadaan tempat wisata yang tersebar diberbagai wilayah di Jabar, sangat sejalan dengan visi misi Jabar Juara. Visi misi Jabar Juara memang bersifat umum, namun tentu ada bidang-bidang khusus yang sangat menunjang pencapaian tujuan ini.”Diantaranya melalui unggulan wisata,” ujarnya.

Pihaknya merasa bersyukur dan bangga dengan apa yang sudah diperlihatkan Pemerintah Desa (Pemdes) Jatimulya dan Pemerintah Kecamatan Cidahu. Harapan kami kondisi ini, harus bisa seperti pribahasa gayung bersambut.”Artinya keinginan Pemdes didukung juga warga masyarakatnya,” himbaunya.

Ditambahkan Uu,  Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar, tidak akan diam berpangku tangan. Pihaknya akan memberikan support terhadap desa-desa yang mempunyai program unggulan seiring dengan tujuan pemerintah provinsi.”Insya Allah kami nanti berkomunikasi dengan Kang Emil (Gubernur Jabar.red) dan Bupati Kuningan, untuk memberikan bantuan terhadap kegiatan yang sedang ditempuh Pemdes Jatimulya,” ujarnya.

Sementara itu, mewakili Bupati Kuningan, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar)
Kabupaten Kuningan Dr. H. Toto Toharudin, M.Pd., yang hadir didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Drs. H. Dudi Pahrudin,M.Si., menyatakan, kehadiran “Wisata Ayunan Pelangi” di Desa Jatimulya merupakan sebuah daya tarik wisata baru di wilayah Kuningan bagian timur. Pemerintah Daerah Kuningan merasa bangga melihat semangat ini.”Mudah-mudahan rintisan yang sudah ditunjukkan Kades, terus berkembang dengan baik,” harapnya.

Toto merinci, dari data yang dimiliki Disporapar Kabupaten Kuningan, ada sekitar 174 daya tarik wisata tersebar di beberapa titik wilayah kerjanya. Fakta ini merupakan satu bukti.”Kabupaten Kuningan menjadi destinasi wisata di Jabar, bahkan secara nasional,” ungkapnya bangga.

Sementara itu, Kades Jatimulya Ahmad Jayadi mengungkapkan, gagasan menciptakan daya tarik wisata di desanya di dasari keinginan dirinya menggali potensi Pendapatan Asli Desa (PAD).”Kami berharap dapat membuka pendapatan asli desa, sekaligus menumbuhkan ekonomi kreatif masyarakat,” pungkasnya. (Nacep Suryaman)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *