Wahai Bangsaku Ingat Bahwa “GURU” Pelita Dunia yang Tak Pernah Redup

Indragiri Hilir l Jejakkasus info – Perjalanan peradaban manusia tidak pernah bisa terlepas dari kegiatan mewariskan pengetahuan sekaligus kebudayaannya dari satu generasi ke generasi berikutnya. Proses pewarisan ini akan terus berlangsung secara terus menerus. Berdasarkan pengetahuan dan kebudayaan yang diwariskan itulah manusia kemudian dapat memahami tentang sesuatu yang benar dan salah, yang diperbolehkan atau dilarang dan bagaimana yang harus dilakukan. Transformasi seperti ini merupakan definisi dari pendidikan.

Pendidikan menjadi modal utama bagi manusia untuk menjalani hari esok yang lebih baik. Pendidikan mengarahkan seseorang untuk berpikir jernih, nalar dan santun dalam menghadapi dan memecahkan problema kehidupan.

Berbicara mengenai pendidikan tentu erat kaitannya dengan sebuah profesi mulia bernama guru. Manusia yang diberi julukan pahlawan tanpa tanda jasa ini sangat berperan dalam kemajuan suatu bangsa. Kehadiranya adalah pelita bagi dunia yang tak pernah redup. Karya dan inovasinya terus terpancar tanpa henti memberikan pengabdian dan pelayanan sesuai yang diamanatkan dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 alenia ke 4.

Sesuai tema yang diusung pada peringatan Hari Guru Nasional tahun 2022 ini yakni “Serentak Berinovasi, Wujudkan Merdeka Belajar”, guru harus memberikan pengajaran dan pendidikan secara maksimal, memberikan pengalaman terbaik baik peserta didik untuk dapat digugu dan ditiru, serta memberikan kemerdekaan berpikir dan bertindak untuk menggali dan mengembangkan potensi minat dan bakat peserta didik yang sesuai dengan nilai-nilai pancasila

Peringatan hari guru selalu saja menjadi momentum penting sekaligus berharga karena kita semua kembali diingatkan pada peran mulia seorang guru. Guru mempunyai tanggung jawab yang begitu besar dan berat. Guru harus terus memperbarui keilmuan dan pengetahuan sesuai tuntutan zaman, berinovasi dengan model pembelajaran kekinian dengan beragam tantangan dan keterbatasan serta derasnya arus globalisasi dan modernisasi.

Untuk itu pada peringatan Hari Guru Nasional ini marilah kita terus memberikan perhatian dan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh guru yang telah berjasa melahirkan generasi-genarasi hebat yang selalu siap menghadapi setiap perubahan dan tuntutan zaman. Tentunya tidak lupa juga marilah kita bermohon kepada Tuhan agar dedikasi para guru menjadi nilai ibadah yang memberikan berkah dan manfaat bagi kita semua khususnya bangsa Indonesia. Ini kita tulis buat generasi penerus bangsa. (Marbun)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *